Rabu, 26 Februari 2014

Memilih Sepatu

gambar minjem dari http://www.fanpop.com/

Hari ini tumben tumbenan di kantor ga terlalu banyak kesibukan, biasanya waktu serasa ga cukup saking banyaknya yang harus dikerjain. Ini tadi cuma menanggapi keluhan 1 mahasiswa tentang jadwal kuliah yang crash. Jadi ceritanya si mahasiswa ini curhat karena jadwal kuliahnya crash dan pas dia complain ke bagian akademik eh dapat jawaban/pelayanan yang ga memuaskan hatinya. Jadilah dia kepikiran terus selama 2 minggu (semester ini perkuliahan udah berjalan 2 minggu) sampai trus entah siapa yang ngebisikin tau tau datang ke mejaku pagi ini dan curhat panjang lebar (salah satu job desk ku adalah konseling mahasiswa). Ternyata ya pemirsa masalah si mahasiswa itu amat sangat simple sekali lho, cuman mungkin cara dia berkomunikasi ama bagian akademik agak gak pas waktu itu atau mungkin timing nya yang agak kurang tepat, (misalnya aja kalo kita curhat panjang lebar sama orang yang lagi buru buru ngerjain sesuatu dengan amat sangat serius, nah apakah curhatan panjang lebar kita didengerin? Mungkin iya didengerin tapi apakah 100% focus ama curhatan kita? )
Buktinya tadi pas kita saranin supaya melapor lagi ke bagian akademik dan lansung straight to the point, langsung klir tu masalahnya, cukup bilang,”Pak, maaf jadwal saya crash, bisakah kalau pindah kelas?” udah gitu aja ga pake penjelasan dan curhatan panjang lebar udah langsung ditangani dengan baik sekali oleh bagian akademik sampe si mahasiswa langsung balik lagi ke ruanganku dua menit setelahnya buat tersenyum gembira dan cium tangan segala (berdoa dalam hati semoga ga ada sisa bau sambal di tanganku).
Laaahhh koq malah jauh melenceng dari judul yaa. Nah karena kerjaan lagi agak lengang, jadi siang tadi pas istirahat nyempetin keluar beli sepatu. Kan ceritanya hari Sabtu, tanggal 15 kemarin aku ikut pelatihan ESQ trus pulang pulang jempol kakiku udah bengkak dan menekuk aja loh (pliss jangan tanya koq bisa ESQ training bikin jempol bengkak dan bengkok, cukuplah suami yang nanya dan ketawa geje ngliat penampakan jempolku di sabtu malam itu). Nah karena bengkok itulah maka aku ngantor by sandal jepit. Asli ga muat kalo pake sepatu. Kalo pake sandal tertutup juga sakitnya audubile. Makanya sampe hari ini aku menebalkan muka ngantor jepitan. Tapi koq ya lama lama sungkan juga hampir dua minggu jepitan mulu, apalagi kadang harus ketemu banyak orang urusan kerjaan. Jadilah siang tadi memutuskan beli sepatu 3 nomor lebih besar dari ukuranku biasanya supaya bisa nyaman kupakai meski dengan kaki bengkak dan bengkok.
Masalahnya adalah yang bengkak dan bengkok kan cuma 1 jempol aja, sementara kaki lainnya baik baik aja. Nah kebayang dong gimana ribetnya milih sepatu dengan 2 kondisi kaki berbeda??? Sampe ga sadar hampir 2 jam aku milih milih sepatu.  Hadoohh untung aja bu bozz cuma tersenyum pas aku balik kantor.
Mau tau nggak gimana tipsku pas milih sepatu tadi?
  • Sengaja ke toko di siang hari, selain karena jam istirahat juga karena sat itulah ukuran kaki terlebar (eh benernya sore hari, tapi kalo sore kan ga bisa kemana mana karena udah harus jemput Khaila di skul, jemput Daffa di day care, belanja dll. Jadi siang masih agak better lah. Lagian kalo siang toko kan cenderung lebih sepi daripada sore atau malam, jadi lebih leluasa milihnya.
  • Jangan terpaku pada ukuran nomor. Ya iyalah kaki bengkak begini mana bisa pake nomor biasa. Eh tapi memang ukuran itu ga bisa jadi patokan lho, karena kadang ada yang ukuran sama tapi beda merk jadinya juga ga sama lho. Patokannya jangan bosan mlih dan nyoba aja deh. Terus cari yang tercocok dan ternyaman di kaki. Makanya aku tadi lama, lha nyari yang nyaman buat kedua kaki yang berbeda kondisi tu susaaaahhhh. Wong pas normal aja aku suka lama milih, apalagi ini lagi bengkak sebelah begini.
  • Ketahui tujuan penggunaan sepatu dan sebisa mungkin kenalin bahannya. Misalnya kan aku beli sepatu buat aktivitas di kantor, jadi ga mungkin dong aku milih sepatu yang berbahan kain. Karena menurut aku terkesan kurang formal dan cenderung ga awet (menurut aku lho yaa) Jadi aku lebih memilih sepatu berbahan kulit atau suede yang relative lebih formal, lebih awet tapi tetap memberi kesempatan kulit buat bernafas. Mengetahui tujuan penggunaan sepatu juga berkaitan dengan model sepatu yang dibeli lho. Ga mungkin kan beli stiletto (bener ga tulisannya) buat lari pagi.
  • Bersikaplah seramah dan sewajar mungkin. Karena aku suka lama milih dan nyoba, otomatis bakaln sering berkomunikasi ama mbak-nya kan (umumnya toko sepatu yang aku datangi kan majang sepatu di display nya cuma sebelah. Lha kalo kita ga ramah ama mbak nya mana bisa lama milih milih ? mana bisa dapat sepatu yang ternyaman di kaki, ya ga siii)
  • Last but the most important is PASTIKAN PAS,pas bentuknya, bahannya, modelnya,  pas di kaki (jangan sampai jari jari berdesakan atau malah ada jari yang ga masuk, terutama ketika jempol bengkok begini) daaaaan terutama pas bagi dompet.
Sementara segitu dulu, ada yang mau nambahin ????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar